image

BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN

Kota Manado
4.01.0.00.0.00.01.0012
Jl Balai Kota. No.1 Manado
089612230093
[email protected]
  • KEPALA BAGIAN
    DIANE Y. MINTALANGI, SE
    196801211989032008
    Penata Tingkat I, III/d
    image
Total Anggaran - Maret 2025

Rp. 27,700,000,000

BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN
TARGET FISIK
17 %
Persentase Target Fisik per Bulan Maret 2025
REALISASI FISIK
25.26 %
Persentase Realisasi Fisik per Bulan Maret 2025
Target dan Realisasi Fisik per Bulan Maret 2025
% Fisik Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
Target 3 9.5 17 25.24 33.91 43.04 51.78 61.49 71.02 80.34 90.1 100
Realisasi 2.49 12.84 25.26 0 0 0 0 0 0 0 0 0
TARGET KEUANGAN
16.51 %

Rp. 4,572,108,750

Persentase Target Keuangan per Bulan Maret 2025
REALISASI KEUANGAN
24.37 %

Rp. 6,751,692,588

Persentase Realisasi Keuangan per Bulan Maret 2025
Target dan Realisasi Keuangan per Bulan Maret 2025
% Keuangan Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des
Target 2.5 9 16.51 25.01 33.51 42.51 51.52 61.02 70.52 80.03 90.03 100.04
Realisasi 2.23 12.46 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37 24.37

Program

1

Kegiatan

6

Sub-Kegiatan

12

Belanja

58

BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN - Tabel PKS dan Belanja Bulan Maret 2025

Kode Program Nama Program Unit Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01 PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN Rp. 27,700,000,000 Rp. 6,751,692,588 ( 24.37%) 25.26%
Kode Kegiatan Nama Kegiatan Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.01 PERENCANAAN, PENGANGGARAN, DAN EVALUASI KINERJA PERANGKAT DAERAH Rp. 9,387,026 Rp. 0 ( 0%) 0%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.01.0001 Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 9,387,026 Rp. 0 ( 0%) 0%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 2,050,170 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0025 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Kertas dan Cover Induk Belanja Barang Jasa Rp. 987,900 Rp. 3,665,000 ( 6.43%) 0%
5.1.02.01.01.0026 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Bahan Cetak Induk Belanja Barang Jasa Rp. 379,620 Rp. 19,912,500 ( 10.3%) 0%
5.1.02.01.01.0029 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Bahan Komputer Induk Belanja Barang Jasa Rp. 408,480 Rp. 1,720,000 ( 9.97%) 0%
5.1.02.02.01.0004 Honorarium Tim Pelaksana Kegiatan dan Sekretariat Tim Pelaksana Kegiatan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 4,640,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.02.04.0115 Belanja Sewa Alat Reproduksi (Penggandaan) Induk Belanja Barang Jasa Rp. 920,856 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.02 ADMINISTRASI KEUANGAN PERANGKAT DAERAH Rp. 1,784,253,900 Rp. 371,244,000 ( 20.81%) 21.11%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.02.0007 Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/ Triwulanan/ Semesteran SKPD Trivena Iroth, SST
-
Jan - Des PAD Rp. 323,428,250 Rp. 68,204,000 ( 21.09%) 21.16%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 604,100 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0025 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Kertas dan Cover Induk Belanja Barang Jasa Rp. 382,950 Rp. 3,665,000 ( 6.43%) 0%
5.1.02.01.01.0026 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Bahan Cetak Induk Belanja Barang Jasa Rp. 199,800 Rp. 19,912,500 ( 10.3%) 0%
5.1.02.02.01.0071 Belanja Lembur Induk Belanja Barang Jasa Rp. 321,309,000 Rp. 68,204,000 ( 21.23%) 21.3%
5.1.02.02.04.0115 Belanja Sewa Alat Reproduksi (Penggandaan) Induk Belanja Barang Jasa Rp. 932,400 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.02.0006 Pengelolaan dan Penyiapan Bahan Tanggapan Pemeriksaan Trivena Iroth, SST
-
Jan - Des PAD Rp. 6,185,650 Rp. 0 ( 0%) 0%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 1,545,850 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0026 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Bahan Cetak Induk Belanja Barang Jasa Rp. 599,400 Rp. 19,912,500 ( 10.3%) 0%
5.1.02.01.01.0025 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Kertas dan Cover Induk Belanja Barang Jasa Rp. 4,040,400 Rp. 3,665,000 ( 6.43%) 0%
4.01.01.2.02.0003 Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD Trivena Iroth, SST
-
Jan - Des PAD Rp. 1,454,640,000 Rp. 303,040,000 ( 20.83%) 21.19%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 0 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.02.01.0001 Belanja Jasa Pengelolaan BMD yang Tidak Menghasilkan Pendapatan Induk Belanja Pegawai Rp. 111,000,000 Rp. 18,800,000 ( 16.94%) 17%
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 20,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.02.01.0026 Belanja Jasa Tenaga Administrasi Induk Belanja Barang Jasa Rp. 605,160,000 Rp. 150,750,000 ( 29.73%) 33.33%
5.1.02.02.01.0080 Belanja Honorarium Penanggungjawaban Pengelola Keuangan Induk Belanja Pegawai Rp. 730,300,000 Rp. 86,240,000 ( 11.81%) 12%
5.1.02.02.01.0081 Belanja Honorarium Pengadaan Barang/Jasa Induk Belanja Barang Jasa Rp. 8,160,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.05 ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN PERANGKAT DAERAH Rp. 456,004,000 Rp. 44,400,000 ( 9.74%) 9.8%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.05.0011 Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-Undangan Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 19,954,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.04.01.0001 Belanja Perjalanan Dinas Biasa Induk Belanja Barang Jasa Rp. 10,204,000 Rp. 381,968,060 ( 42.1%) 0%
5.1.02.04.01.0004 Belanja Perjalanan Dinas Paket Meeting Dalam Kota Induk Belanja Barang Jasa Rp. 9,750,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.05. Pengadaan Pakaian Dinas beserta Atribut Kelengkapannya Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 436,050,000 Rp. 44,400,000 ( 10.18%) 10.25%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 107,990 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0061 Belanja Pakaian Sipil Harian (PSH) Induk Belanja Barang Jasa Rp. 89,355,000 Rp. 44,400,000 ( 49.69%) 50%
5.1.02.01.01.0063 Belanja Pakaian Dinas Harian (PDH) Induk Belanja Barang Jasa Rp. 6,705,510 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0064 Belanja Pakaian Dinas Lapangan (PDL) Induk Belanja Barang Jasa Rp. 339,881,500 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.06 ADMINISTRASI UMUM PERANGKAT DAERAH Rp. 1,182,060,984 Rp. 297,587,870 ( 25.18%) 25.2%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.06.0009 Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 926,230,000 Rp. 290,292,870 ( 31.34%) 31.36%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.04.01.0001 Belanja Perjalanan Dinas Biasa Induk Belanja Barang Jasa Rp. 726,230,000 Rp. 381,968,060 ( 42.1%) 40%
5.1.02.04.02.0001 Belanja Perjalanan Dinas Biasa Luar Negeri Induk Belanja Barang Jasa Rp. 200,000,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.06.0002 Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 255,830,984 Rp. 7,295,000 ( 2.85%) 2.89%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 72,744,384 Rp. 0 ( 0%) 2.7%
5.1.02.01.01.0025 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Kertas dan Cover Induk Belanja Barang Jasa Rp. 56,998,500 Rp. 3,665,000 ( 6.43%) 6.5%
5.1.02.01.01.0029 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Bahan Komputer Induk Belanja Barang Jasa Rp. 17,249,400 Rp. 1,720,000 ( 9.97%) 10%
5.1.02.01.01.0030 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Perabot Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 3,496,500 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0036 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor Lainnya Induk Belanja Barang Jasa Rp. 39,885,500 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.03.02.0035 Belanja Pemeliharaan Alat Angkutan-Alat Angkutan Darat Bermotor-Kendaraan Dinas Bermotor Perorangan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 55,988,400 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.03.02.0038 Belanja Pemeliharaan Alat Angkutan-Alat Angkutan Darat Bermotor-Kendaraan Bermotor Beroda Dua Induk Belanja Barang Jasa Rp. 5,638,800 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.03.02.0411 Belanja Pemeliharaan Komputer-Peralatan Komputer-Peralatan Komputer Lainnya Induk Belanja Barang Jasa Rp. 3,829,500 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.08 PENYEDIAAN JASA PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH Rp. 8,167,171,400 Rp. 2,537,549,638 ( 31.07%) 31.7%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.08.0004 Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 8,117,171,400 Rp. 2,537,549,638 ( 31.26%) 31.9%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0052 Belanja Makanan dan Minuman Rapat Induk Belanja Barang Jasa Rp. 237,917,400 Rp. 1,496,489,950 ( 34.26%) 8.3%
5.1.02.01.01.0053 Belanja Makanan dan Minuman Jamuan Tamu Induk Belanja Barang Jasa Rp. 6,850,254,000 Rp. 285,086,054 ( 12.2%) 32.5%
5.1.02.02.01.0026 Belanja Jasa Tenaga Administrasi Induk Belanja Barang Jasa Rp. 300,000,000 Rp. 150,750,000 ( 29.73%) 33.35%
5.1.02.02.01.0030 Belanja Jasa Tenaga Kebersihan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 216,000,000 Rp. 60,000,000 ( 27.78%) 33.33%
5.1.02.02.01.0031 Belanja Jasa Tenaga Keamanan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 139,800,000 Rp. 481,350,000 ( 28.18%) 33.35%
5.1.02.02.01.0033 Belanja Jasa Tenaga Supir Induk Belanja Barang Jasa Rp. 373,200,000 Rp. 152,400,000 ( 28.16%) 33.35%
4.01.01.2.08.0001 Penyediaan Jasa Surat Menyurat Holfrit Majumba, SST, Aj.Ak
-
Jan - Des PAD Rp. 50,000,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0027 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Benda Pos Induk Belanja Barang Jasa Rp. 50,000,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.11 ADMINISTRASI KEUANGAN DAN OPERASIONAL KEPALA DAERAH DAN WAKIL KEPALA DAERAH Rp. 16,101,122,690 Rp. 3,500,911,080 ( 21.74%) 22.9%
Kode Sub-Kegiatan Nama Sub-Kegiatan PPTK Pelaksanaan Sumber Dana Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
4.01.01.2.11.0004 Penyediaan Dana Penunjang Operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Christabela Rengkung, Amd. Kom
PPTK
Jan - Des PAD Rp. 15,477,922,690 Rp. 3,310,911,080 ( 21.39%) 22.59%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 396,660 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0026 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor- Bahan Cetak Induk Belanja Barang Jasa Rp. 193,248,780 Rp. 19,912,500 ( 10.3%) 10.31%
5.1.02.01.01.0052 Belanja Makanan dan Minuman Rapat Induk Belanja Barang Jasa Rp. 4,368,543,750 Rp. 1,496,489,950 ( 34.26%) 34.3%
5.1.02.01.01.0053 Belanja Makanan dan Minuman Jamuan Tamu Induk Belanja Barang Jasa Rp. 2,337,715,500 Rp. 285,086,054 ( 12.2%) 12.25%
5.1.02.02.01.0026 Belanja Jasa Tenaga Administrasi Induk Belanja Barang Jasa Rp. 507,000,000 Rp. 150,750,000 ( 29.73%) 33.35%
5.1.02.02.01.0029 Belanja Jasa Tenaga Ahli Induk Belanja Barang Jasa Rp. 3,600,000,000 Rp. 264,000,000 ( 7.33%) 8.33%
5.1.02.02.01.0031 Belanja Jasa Tenaga Keamanan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 1,708,200,000 Rp. 481,350,000 ( 28.18%) 33.35%
5.1.02.02.01.0033 Belanja Jasa Tenaga Supir Induk Belanja Barang Jasa Rp. 541,200,000 Rp. 152,400,000 ( 28.16%) 33.35%
5.1.02.02.01.0073 Belanja Medical Check Up Induk Belanja Barang Jasa Rp. 240,000,000 Rp. 68,454,516 ( 28.52%) 33.35%
5.1.02.02.04.0035 Belanja Sewa Kendaraan Dinas Bermotor Perorangan Induk Belanja Barang Jasa Rp. 150,000,000 Rp. 6,000,000 ( 4%) 4%
5.1.02.02.04.0040 Belanja Sewa Kendaraan Bermotor Khusus Induk Belanja Barang Jasa Rp. 74,370,000 Rp. 4,500,000 ( 6.05%) 6.1%
5.1.02.04.01.0001 Belanja Perjalanan Dinas Biasa Induk Belanja Barang Jasa Rp. 907,248,000 Rp. 381,968,060 ( 42.1%) 42.15%
5.1.02.04.02.0001 Belanja Perjalanan Dinas Biasa Luar Negeri Induk Belanja Barang Jasa Rp. 850,000,000 Rp. 0 ( 0%) 0%
4.01.01.2.11.0002 Penyediaan Pakaian Dinas dan Atribut Kelengkapan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Christabela Rengkung, Amd. Kom
PPTK
Jan - Des PAD Rp. 623,200,000 Rp. 190,000,000 ( 30.49%) 30.56%
Kode Belanja Nama Belanja Anggaran Jenis Proyek Strategis Pagu Realisasi Keuangan Realisasi Fisik
5.1.02.01.01.0024 Belanja Alat/Bahan untuk Kegiatan Kantor-Alat Tulis Kantor Induk Belanja Barang Jasa Rp. 792,760 Rp. 0 ( 0%) 0%
5.1.02.01.01.0059 Belanja Pakaian Dinas KDH dan WKDH Induk Belanja Barang Jasa Rp. 622,407,240 Rp. 190,000,000 ( 30.53%) 30.6%
# Unit Program Pagu Anggaran
Mar 2025
Realisasi Fisik
Mar 2025
Realisasi Keuangan
Mar 2025
Persentase Realisasi Keuangan
Mar 2025
1 BAGIAN PERENCANAAN DAN KEUANGAN Rp. 27,700,000,000 25.26 % Rp. 6,751,692,588 24.37 %
1. 4.01.01
PROGRAM PENUNJANG URUSAN PEMERINTAHAN DAERAH KABUPATEN/KOTA
Rp. 27,700,000,000 25.26 % Rp. 6,751,692,588 24.37 %
# PPTK Sub-Kegiatan Pagu Anggaran
Mar 2025
Realisasi Fisik
Mar 2025
Realisasi Keuangan
Mar 2025
Persentase Realisasi Keuangan
Mar 2025
1 Rp. 9,814,623,410 29.87 % Rp. 2,879,537,508 29.34 %
1. 4.01.01.2.08.0001
Penyediaan Jasa Surat Menyurat
Rp. 50,000,000 0 % Rp. 0 0 %
2. 4.01.01.2.08.0004
Penyediaan Jasa Pelayanan Umum Kantor
Rp. 8,117,171,400 31.9 % Rp. 2,537,549,638 31.26 %
3. 4.01.01.2.06.0002
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor
Rp. 255,830,984 2.89 % Rp. 7,295,000 2.85 %
4. 4.01.01.2.06.0009
Penyelenggaraan Rapat Koordinasi dan Konsultasi SKPD
Rp. 926,230,000 31.36 % Rp. 290,292,870 31.34 %
5. 4.01.01.2.05.
Pengadaan Pakaian Dinas beserta Atribut Kelengkapannya
Rp. 436,050,000 10.25 % Rp. 44,400,000 10.18 %
6. 4.01.01.2.05.0011
Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-Undangan
Rp. 19,954,000 0 % Rp. 0 0 %
7. 4.01.01.2.01.0001
Penyusunan Dokumen Perencanaan Perangkat Daerah
Rp. 9,387,026 0 % Rp. 0 0 %
2 Rp. 1,784,253,900 21.11 % Rp. 371,244,000 20.81 %
1. 4.01.01.2.02.0003
Pelaksanaan Penatausahaan dan Pengujian/Verifikasi Keuangan SKPD
Rp. 1,454,640,000 21.19 % Rp. 303,040,000 20.83 %
2. 4.01.01.2.02.0006
Pengelolaan dan Penyiapan Bahan Tanggapan Pemeriksaan
Rp. 6,185,650 0 % Rp. 0 0 %
3. 4.01.01.2.02.0007
Koordinasi dan Penyusunan Laporan Keuangan Bulanan/ Triwulanan/ Semesteran SKPD
Rp. 323,428,250 21.16 % Rp. 68,204,000 21.09 %
3 Rp. 16,101,122,690 22.9 % Rp. 3,500,911,080 21.74 %
1. 4.01.01.2.11.0002
Penyediaan Pakaian Dinas dan Atribut Kelengkapan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah
Rp. 623,200,000 30.56 % Rp. 190,000,000 30.49 %
2. 4.01.01.2.11.0004
Penyediaan Dana Penunjang Operasional Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah
Rp. 15,477,922,690 22.59 % Rp. 3,310,911,080 21.39 %